Laman

"Wilujeng Sumping Di Website Resmi BP3K Sukahening" "BP3K Sebagai Gerbang Inovasi Teknologi Pertanian""Rempug Jukung Sauyunan Ngawangun Pertanian Sukahening"

Selasa, 26 Mei 2015

Gropyokan Tikus Di Kelompoktani Sriwantani

Dalam rangka persiapan Musim Tanam (MT) I padi sawah tahun 2015 dan menyongsong kegiatan Gerakan Pengembangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP PTT), Kelompoktani Sriwantani Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya pada hari Selasa (26/05/2015) melaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Tikus  Secara Massal (GROPYOKAN) pada hamparan sawah 40 ha di blok Ciwantani.



Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 orang petani anggota kelompoktani Sriwantani, dan dihadiri oleh PPL, POPT, Kepala UPTD Pertanian Wilayah Ciawi, Babinsa se wilayah kecamatan Sukahening, Mahasiswa Pendamping, Dosen, Kepala Desa Kiarajangkung beserta staf, Camat Sukahening yang diwakili oleh Kasi Ekbang, serta perwakilan pengurus kelompoktani yang berada di wilayah Kecamatan Sukahening.



Kegiatan diawali dengan pembagian alat pengempos tikus (Tiran), dilanjutkan dengan pengarahan operasional oleh PPL Pendamping (Adis Sulaeman).  Selanjutnya, petani dibagi kelompok, masing-masing kelompok 3 orang yang bertugas untuk melakukan pengemposan dan penutupan lobang tikus.

Pada pengarahannya, Adis Sulaeman mengungkapkan bahwa kegiatan Gropyokan di Kelompoktani Sriwantani ini merupakan model dari pengendalian hama tikus yang diharapkan dapat diikuti oleh kelompoktani di desa lainnya.


Para petani begitu antusias mengikuti kegiatan ini, mengingat pada musim tanam sebelumnya petani di wilayah ini mengalami gagal panen yang disebabkan oleh serangan hama tikus.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, serangan hama tikus yang menyerang areal sawah kami dapat tertanggulangi, sehingga tidak terjadi lagi gagal panen” ujar Maman Suherman (55 tahun) salah seorang tokoh masyarakat yang juga bendahara Kelompoktani Sriwantani......

Penulis             : Farid Nursoba ( THL-TBPP Desa Banyuresmi)
Sumber Gambar : Dokumentasi BP3K Sukahening


Tidak ada komentar:

Posting Komentar