Laman

"Wilujeng Sumping Di Website Resmi BP3K Sukahening" "BP3K Sebagai Gerbang Inovasi Teknologi Pertanian""Rempug Jukung Sauyunan Ngawangun Pertanian Sukahening"

Selasa, 28 April 2015

Perbaikan Saluran Irigasi Blok Ciwantani



Salah satu penunjang Program UPSUS PAJALE adalah perbaikan/pembangunan saluran irigasi tersier.  Di kecamatan Sukahening terdapat 3 titik kegiatan yaitu perbaikan saluran irigasi Blok Kupanunggal Kelompoktani Karyamukti Desa Sundakerta Kecamatan, perbaikan saluran irigasi Blok Kupanunggal Kelompoktani Srimukti Desa Kudadedapa dan perbaikan saluran irigasi Blok Ciwantani Kelompoktani Sriwantani Desa Kiarajangkung.





Kegiatan pembangunan di Kelompoktani Sriwantani sedang dilaksanakan dan sudah mencapai 75 %. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara swakelola oleh kelompoktani Sriwantani dengan tenaga kerja sepenuhnya berasal dari anggota kelompoktani. Selain bersumber dari dana Bansos APBN 2015 kegiatan ini juga didukung oleh swadaya dari masyarakat, baik swadaya material maupun tenaga.



Sesuai dengan program Kementrian Pertanian kaitannya dengan keterlibatan TNI dalam hal ini Bantara Pembina Desa (Babinsa) dalam pendampingan Program UPSUS PAJALE, maka kegiatan perbaikan saluran irigasi di kelompoktani Sriwantani selain didampingi oleh PPL Wilayah Binaan Desa Kiarajangkung Adis Sulaeman (53 tahun) juga didampingi oleh Babinsa Desa Kiarajangkung dari Koramil 1207/Cisayong Sugianto (50 tahun).



Mengenai keterlibatan unsur TNI (Babinsa) dalam kegiatan ini, Koordinator BP3K Sukahening Adis Sulaeman mengatakan “Dengan terlibatnya TNI dalam kegiatan di bidang pertanian ini kami berharap semoga dapat lebih meningkatkan semangat masyarakat dalam hal ini para petani dalam hal swadaya sehingga kualitas dan kuantitas pekerjaan bisa lebih baik”. Selanjutnya Adis mengatakan “kaitannya dengan keterlibatan TNI dalam kegiatan pertanian BP3K Sukahening mempunyai tema MELALUI INTEGRASI ANTARA PPL, TNI DAN KELOMPOKTANI KITA SUKSESKAN PROGRAM UPSUS PAJALE DI KECAMATAN SUKAHENING KABUPATEN TASIKMALAYA”




Ditemui di tempat terpisah Ketua Kelompoktani Sriwantani Edi Junaedi (61 tahun) mengatakan “Kami atasnama warga masyarakat Kp. Cipalegor Desa Kiarajangkung mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah yang dalam hal ini melalui Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Sukahening  yang telah mengupayakan perbaikan saluran irigasi blok Ciwantani ini, sehingga kebutuhan petani akan air dapat terpenuhi”.
“semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan berdampak positif pada semua petani di wilayah kami”, pungkasnya.

Penulis                              :               Farid Nursoba, S.ST

Sumber Gambar               :               Dokumentasi Kegiatan BP3K Sukahening

Tidak ada komentar:

Posting Komentar