Laman

"Wilujeng Sumping Di Website Resmi BP3K Sukahening" "BP3K Sebagai Gerbang Inovasi Teknologi Pertanian""Rempug Jukung Sauyunan Ngawangun Pertanian Sukahening"

Kamis, 23 April 2015

Pembangunan Jaringan Irigasi

PEMBANGUNAN JARINGAN IRIGASI TERSIER
DI KELOMPOKTANI KARYAMUKTI DESA SUNDAKERTA KECAMATAN SUKAHENING
KABUPATEN TASIKMALAYA


Dalam upaya mendukung program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (UPSUS PAJALE) salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah pembangunan/pengembangan jaringan irigasi tersier.  Di wilayah kecamatan Sukahening pembangunan/pengembangan jaringan irigasi tersier pada tahun 2015 terletak di 3 kelompoktani, yaitu kelompoktani Karyamukti Desa Sundakerta, kelompoktani Srimukti Desa Kudadepa dan kelompoktani Sriwantani Desa Kiarajangkung dengan luas areal terdampak masing-masing 40 ha.

Di kelompoktani Karyamukti pembangunan jaringan irigasi dilaksanakan di Blok Kupanunggal Kp. Sarimukti Desa Sundakerta Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya dengan jenis pekerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 175 meter.


 








Selain bersumber dari bantuan dana pemerintah, pembangunan ini juga didukung oleh swadaya masyarakat baik berupa material ataupun tenaga.  Pengerjaan dapat diselesaikan dalam waktu 2 minggu.  Pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan ini antara lain petani/kelompoktani, unsur pemerintahan desa, PPL wilayah binaan Desa Sundakerta dan Babinsa Desa Sundakerta.
Ketua kelompoktani Karyamukti Yaya Mulyadi (46 tahun) mengatakan sangat berterimakasih kepada semua pihak atas terselesaikannya program pembangunan saluran irigasi Blok Kupanunggal tersebut dan berharap dampak atau manfaatnya dapat dirasakan oleh semua areal sawah petani yang terlintasi aliran air dari saluran tersebut...



Penulis                              :               Esti Restiani, SP (THL-TBPP Wilayah Binaan Desa Sundakerta)

Sumber Gambar               :               Dokumentasi Kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar